Bimbingan Teknis Data PDDikti untuk Pemantauan Tahap I BAN PT

Dalam rangka evaluasi PDDikti dan benchmarking proses re-akreditasi program studi melalui tahap Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) untuk perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III, diadakan Bimbingan Teknis Data PDDikti untuk Pantauan Tahap I BAN-PT secara hybrid yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III pada tanggal 14 Desember 2021 pukul 10.00 s/d 15.00 WIB.

Universitas Darma Persada sebagai salah satu institusi yang diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut diwakili Unit Penjaminan Mutu menugaskan Ibu Dra Endang Tri Pujiastuti, MM., Bapak Dr. Erwin S.T, M.T., Ibu Oryza Sativa Heningtyas, S.E, M.Ak dan Bapak Yoza Habsy, S.Kom.

Adapun dalam kegiatan ini terdapat 4 (empat) pembicara. Pembicara pertama yaitu Bapak Noviyanto mewakili LLDikti wilayah III yang mensosialisasikan pemantauan akreditasi aktif oleh BAN-PT. Dalam sosialisasi tersebut, Bapak Noviyanto menekankan bahwa pelaksanaan pemantauan tahap 1 evaluasi dan penilaian dilakukan berdasarkan data program studi yang dilaporkan oleh perguruan tinggi ke PDDikti serta dilaksanakan dengan mekanisme machine to machine antara PDDikti dan  BAN-PT. Sesi ke dua dilanjutkan dengan paparan benchmarking yang disampaikan oleh perwakilan dari Universitas Trisakti, IPMI International Business School, dan Universitas Gunadarma.

Hal yang perlu dicermati dari hasil bimbingan teknis tersebut adalah perlunya dilakukan pemantauan secara berkala dan terus menerus tentang data di PDDikti (Data SIAKAD harus sinkron dengan data PDDikti). Oleh karena itu, data harus lengkap terutama untuk evaluasi re-akreditasi sebagai syarat perlu dan pantauan tahap 1 mengacu pada Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA). Data yang harus lengkap tersebut meliputi : mahasiswa baru, dosen tetap, dosen tidak tetap, masa studi, mahasiswa asing, rasio mahasiswa, jumlah lulusan, lulus tepat waktu, kualifikasi akademik dll.

Untuk mahasiswa baru, jika  tingkat penurunan diatas 20% mengindikasikan penurunan kualitas, sedangkan perpanjangan masa studi berdampak pada penurunan skor penilaian akreditasi, sehingga perlunya fungsi Pembimbing Akademik untuk memberikan peringatan bagi mahasiswa yang masa studinya melampaui 4,5 tahun. Kelulusan tetap waktu berdasarkan penilaian pada rentang 3,5 tahun sampai dengan 4,5 tahun nilainya 4, diatas 4,5 tahun nilai skor akan berkurang.  Data IPK mahasiswa sangat penting . Kohort data dalam 7 tahun terakhir harus diperhatikan data pengunduruan diri dan DO, perlu monitoring data dan perbaikan data. Untuk penghitungan tahun kelulusan berdasarkan tanggal yudisium sebagai tanggal kelulusan dan tercatat pada PDDikti. Untuk mahasiswa yang tidak sampai dengan 4 semester harus keluarkan dari data PDDikti.

Untuk dosen tetap, pemenuhan dosen syarat minimum 10, dapat dipenuhi dengan dosen yang serumpun  dalam program studi digunakan untuk data dosen tetap. Dalam hal kepangkatan dosen, Ka. Prodi harus mendorong dosen dari Asisten Ahli (AA) menjadi Lektor dan seterusnya. Dosen minimum harus Lektor. Untuk dosen kontrak dan NUP tidak boleh lebih dari 40% dibandingkan dengan dosen tetap Program Studi.

Pelaporan PT pada PDDikti harus terkoordinasi, terkontrol dan terintegrasi serta valid dan update. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan atau perbedaan data antara SIAKAD dan PDDikti dalam pantauan tahap 1 prosesnya : membuat surat ke LLDikti (Bapak Noviyanto), perbaikan data dengan LLDikti, mengajukan permohonan surat ke LLDIKTI untuk dibawaa ke BAN-PT yang menyatakan bahwa data tersebut telah diperbaiki. Kemudian akan dilakukan verifikasi Data BAN-PT untuk re-run.

Setiap perguruan tinggi hendaknya melakukan simulasi terhadap syarat perlu dan pemantauan tahap 1 dengan mengacu pada Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA).

Link Download : Materi Bimbingan Teknis Data PDDikti untuk Pemantauan Tahap I BAN PT

 

 

 

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter

Berita lainnya

HELLO!

Login to your account